Rabu, 05 November 2014

BERBAGI ILMU TENTANG OPENSTREETMAP

 
“Much like Wikipedia challenged Encyclopedia Britannica and Linux took on Microsoft Windows, OpenStreetMap is battling Google Maps, and at least in some cases, it’s winning.”
- switch2osm.org






Jurusan Teknik Geomatika-ITS. Ruang GM 101
Surabaya, Nopember 3, 2014.

Blogger, hallo!
OpenStreetMap. Sobat blogger pernah tentang OpenStreetMap. OpenStreetMap adalah sebuah alat untuk membuat dan berbagi informasi dalam bentuk peta. OpenStreetMap bersifat digital, yang membuatnya sangat berguna untuk kita dan dapat dibagikan, yang berarti bahwa semua orang dapat mengambil manfaat.  Lantas apa pentingnya? Begini, pada era sekarang ini kita dituntut untuk melek data spasial. Jika muncul pertanyaan apa itu data spasial? Kemungkinan besar anda belum melek. Seperti ini penjelasan singkatnya.
·         Jika terjadi sebuah bencana maka akan diperlukan beberapa data semisal berapa jumlah korban, berapa jumlah keluarga yang terdampak, berapa luas daerah terdampak, dimana tempak pengungsian yang tepat, apa rute jalan terdekat dari pengungsian menuju sebuah rumah sakit? Semua itu akan terjawab dengan mudah dengan adanya data spasial.
·         Contoh lainnya: dimana tempat yang tepat untuk mendirikan atam?Pastinya kita harus menganalisis berapa jumlah pendapatan penduduk dan pekerjaannya, apakah ATM tersebut dekat dengan kampus, pusat perbelanjaan atau sejenisnya? Analisis tersebut dapat dengan mudah dijawab dengan data spasial tentunya dalam bentuk peta.
Penting bukan melek data spasial. OpenStreetMap merupakan salah satu tools untuk mendapatkan data-data spasial tersebut. Lebihnya lagi, Siapapun dapat berkontribusi untuk OSM. Pengguna dapat menambahkan dan menggambarkan peta pada computer. Hal yang paling penting lagi adalah peta OSM disimpan di dalam internet, dan siapapun dapat mengakses peta tersebut kapanpun, gratis.
Berbekal hasil pelatihan OpenStreetMap yang telah didapat dan mengingat penting dan kebermanfaatan OpenStreetMap seperti uraian diatas. Hari ketiga bulan Nopember 2014 diadakan pelatihan OpenStreetMap kepada mahasiswa baru Teknik Geomatika angkatan 2014 oleh mahasiswa teknik geomatika. Karena jumlah massa yang banyak maka dilakukan pelatihan secara komunal oleh beberapa pelatih sekaligus termasuk saya tentunya. Pelatihannya sederhana, cukup berbekal laptop, mouse dan wifi kampus. Materi yang disampaikan juga sederhana Pengantar OSM (apa itu OSM dsb), Pembuatan akun OSM, Digitasi menggunakan iD editor, Instalasi dan pengaturan JOSM, Digitasi menggunakan JOSM, Upload hasil digitasi ke OSM dan sedikit pengantar tentang field paper dan tasking manager.
Dari pelatihan dimulai jam 18.30 BBWI dan berakhir jam 21.00 BBWI. Pelatihan ini dilakukan dengan metode presentasi, diskusi, tanya jawab dan praktek secara langsung. Untuk praktek lapangan tidak dilakukan karena waktu pelatihan sendiri dilakukan malam hari sehingga tidak memungkinkan dilakukan praktek lapangan.
Antusiasme peserta tinggi, ya. Hal ini bisa dilihat sejak materi pertama yaitu pengenalan tentang apa itu  OpenStreetMap. Karena antusiasme dan rasa ingin tahu yang tinggi banyak muncul pertanyaan yang wah dari peserta. Apa kegunaan OSM, bagaimana jika osm digunakan untuk tugas akhir, bagaimana bila tugas-tugas kuliah diambil dari OSM, bagiamana kelebihan OSM dibanding dengan penyedia peta lainnya. Dan bagaimana-bagaimana lainnya.

Setelah materi pertama selesai, materi berlanjut ke materi selanjutnya yaitu pembuatan akun OSM melalui website://http:osm.org. materi ini dapat dilakukan dengan cepat karena proses yang sangat mudah.
Materi ketiga hingga terakhir berjalan dengan lancar. Tiap materi dilakukan tiga tahap yaitu presentasi, diskusi dan Tanya jawab kemudian praktek langsung pada OSM tersebut. Namun ada beberapa kendala yang muncul yaitu Koneksi internet yang tidak stabil,  ada satu peserta yang mengalami kesulitan dalam instalasi JOSM yaitu pada imagery citra bing tidak dapat muncul walaupun telah dilakukan pengaturan pada edit-preference sehingga perlu dilakukan instalasi ulang pada software JOSM tersebut, banyak peserta yang tidak membawa mouse sehingga kesulitan dalam digitasi peta OSM.




21.00 BBWI, pelatihan selesai diakhiri dengan doa dan foto bersama. Meskipun pelatihannya cukup singkat tapi diharapkan kontribusi untuk OSM tidak akan berhenti.
Fokusan Peserta Pelatihan:
Romadina Indah w r.       indahwardani@gmail.com                        user:Romadina
Dwi Noviyanti                  dwinoviyanti400@yahoo.com                  user: Dwi Noviyanti
Pangestu Jumiagra            pangestu.jumiagra@gmail.com                 user:Pangjum96
Galah Nur Sodiq               galahnursodiq@gmail.com                       user:galahnursodiq
Hanna Anie SRS                     hannarajitno@gmail.com                    user:Hanna Anie SRS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar